Kamis, 10 Desember 2009

Peringatan Hari HAM, Aktivis Gelar Aksi & Renungan

Peringatan Hari HAM, Aktivis Gelar Aksi & Renungan

Kamis, 10 Desember 2009 - 06:16 wib
text TEXT SIZE :
Share
Anton Suhartono - Okezone

JAKARTA - Setiap 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia (HAM). Momentum ini tak akan dilewatkan sejumlah aktivis dan elemen penggiat HAM ,untuk mengingatkan pemerintah menuntaskan permasalahan terkait pelanggaran HAM.

Koalisi peringatan Hari HAM 2009, yang diantaranya terdiri dari LBH Jakarta, LBH APIK, PBHI Nasional, KontraS, dan LBH pers, rencananya akan menggelar aksi dan renungan. Acara akan dimulai sekira pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Menurut informasi yang diterima okezone, Kamis (10/12/2009), aksi akan dimulai dengan konvoi dari kantor LBH Jakarta di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, menuju Istana Negara. Rencananya beberapa tokoh akan menyampaikan orasi, termasuk para korban pelanggaran HAM.

Aksi diadakan dengan tujuan menedsak pemerintah untuk menjalankan kewajiban, yaitu memenuhi, menghormati, melindungi, dan mempromosikan HAM warga negaranya tanpa kecuali. Koalisi juga menuntut penghentian segala bentuk kekerasan dan kriminalisasi terhadap pembela HAM.

Selain itu mereka juga mendesak DPR untuk membuat undang-undang yang melindungi para pembela HAM. Aksi akan ditutup dengan menggelar renungan di Bundaran Hotel Indonesia, mulai pukul 19.00 WIB.

Tidak ada komentar: